Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Bali Laksanakan Bimbingan Teknis Administrasi Keuangan bagi Panwaslu Kab/kota se-Bali

Bawaslu Bali Laksanakan Bimbingan Teknis Administrasi Keuangan bagi Panwaslu Kab/kota se-Bali

Badung, 11 Oktober 2017. Dalam rangka peningkatan kapasitas kesekretariatan dalam pengelolaan anggaran dan harmonisasi kegiatan Panwaslu Kabupaten/Kota yang bersumber dari APBN-Perubahan, Bawaslu Provinsi Bali melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Administrasi Keuangan. Bertempat di Fave Hotel Jalan Kartika Plaza Nomor 46X, Badung, Bali, kegiatan ini mengambil judul ”Bimbingan Teknis Administrasi Keuangan dalam rangka Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Tahun 2018, Tahapan Pileg dan Pilpres 2019”. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 11 Oktober 2017- 13 Oktober 2017 dengan narasumber dari Bawaslu RI ,KPPN Denpasar danBawaslu Provinsi Bali. Terkait dengan tujuan kegiatan Bimtek, peserta yang diundang adalah Koordinator Divisi SDM Panwaslu Kabupaten/Kota, Kepala Sekretariat Panwaslu Kabupaten/Kota, Bendahara Pengeluaran Pembantu Panwaslu Kabupaten/Kota, staf Pengelola Keuangan Panwaslu Kabupaten/Kota dan staf Pengelola Keuangan Bawaslu Provinsi Bali dengan keseluruhan peserta berjumlah 40 orang.

Kegiatan dimulai hari Rabu, tanggal 11 Oktber 2017 pukul 14.00 Wita yang dibuka oleh Ketua Bawaslu Provinsi Bali, I Ketut Rudia, SE.,MM didampingi oleh Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Bali, Ida Bagus Putu Adinatha, AP., M.Si.

Dalam arahannya,Ketua Bawaslu Provinsi Bali berharap agar peserta dapat mengikuti kegiatan ini sampai selesai. Pada kesempata itu pula Bawaslu Provinsi Bali menyerahkan Petikan POK APBN-Perubahan kepada masing-masing Panwaslu Kabupaten/Kota, yang diwakili oleh Koordinator Divisi SDM Panwaslu Kabupaten/Kota dan Kepala Sekretariat Panwaslu Kabupaten/Kota. Setelah diselingi dengan coffee break kegiatan dilanjutkan dengan materi dari I Ketut Rudia, SE.,MM dengan pembahasan mengenai Harmonisasi Pelaksanaan Kegiatan Pemilu Legislatif, Pemilihan Presiden, Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, dan Pemilihan  Bupati dan Wakil Bupati Klungkung dan Gianyar. Dalam penyampaian materi tersebut Ketua Bawaslu Provinsi Bali, I Ketut Rudia, SE.,MM menghimbau agar masing-masing Panwaslu Kabupaten/Kota selalu berkoodinasi dalam setiap kegiatan yang dilakukan mengingat begitu padatnya kegiatan menjelang dimulainya tahapan Pemilu. Nasumber kedua dari kegiatan Bimtek ini adalah Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Bali, Ida Bagus Putu adinatha, AP., M.Si. Pada kesempatan tersebut beliau menyampaikan materi tentang Peran dan Fungsi Sekretariat dalam Supporting Sistem Lembaga. Dalam pemaparannya beliau menyampaikan apa yang tidak boleh dilakukan dan boleh dilakukan Sekretariat dalam menjalankan tupoksinya sebagai pendukung kegiatan Panwaslu. Pada pukul 20.00 Wita kegiatan diisi dengan penyusunan rencana timeline kegiatan Panwas Kabupaten/Kota yang dipandu oleh Tim Assistensi SDM Bawaslu Provinsi Bali, Kadek Supri Adinata, S.Kom.

Pada hari kedua yakni hari Kamis, tanggal 12 Oktober 2017 kegiatan dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas untuk Bendara Pengeluaran Pembantu Panwaslu Kabupaten/Kota, staf Pengelola Keuangan Panwaslu Kabupaten/Kota dan staf Pengelola Keuangan Bawaslu Provinsi Baliyang akan mendapat materi penggunaan aplikasi keuangan dari KPPN Denpasar. Sementar itu di ruangan berbeda Koordinator Divisi SDM Panwaslu Kabupaten/Kota dan Kepala Sekretariat Panwaslu Kabupaten/Kota dengan dipandu Tim Assistensi SDM Bawaslu Provinsi Bali, Kadek Supri Adinata, S.Kom akan menyusun timeline kegiatan Panwaslu Kabupaten/Kota. Pada kelas untuk Bendara Pengeluaran Pembantu Panwaslu Kabupaten/Kota, staf Pengelola Keuangan Panwaslu Kabupaten/Kota dan staf Pengelola Keuangan Bawaslu Provinsi Bali ada sejumlah materi yang disampaikan oleh narasumber dari KPPN Denpasar, antara lain Overview dan instalasi aplilkasi SAS, Setting Satker, User, Pejabat dan lain-lain, Overview aplikasi SILABI, Simulasi Perekaman SPP GUP, Cetak SSP dan Transfer ADK, Simulasi penyusunan LPJ, dan Troubleshooting Aplikasi SAS. Sementara di kelas berbeda Koordinator Divisi SDM Panwaslu Kabupaten/Kota dan Kepala Sekretariat Panwaslu Kabupaten/Kota dengan dipandu Tim Assistensi SDM Bawaslu Provinsi Bali, Kadek Supri Adinata, S.Kom menyusus jadwal kegiatan agar tidak berbenturan antara kegiatan satu Panwaslu Kabupaten/Kota dengan Panwaslu Kabupaten/Kota yang lain. Setelah istirahat, pada pukul 19.00 Wita kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi terkait Tata Cara Pengelolaan Keuangan di Lingkungan Badan Pengawas Pemilihan Umum oleh Tim Ahli Keuangan Bawaslu RI, Erna Perangin-Angin. Dengan berakhirnya penyampaian materi dari Perwakilan Bawaslu RI kegiatan Bimtek ditutup oleh  I Ketut Rudia, SE.,MM didampingi oleh Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Bali, Ida Bagus Putu Adinatha, AP., M.Si dan Tim Ahli Keuangan Bawaslu RI, Erna Perangin-Angin.

Pada hari terakhir, Jumat, 13 Oktober 2017 perserta diperkenankan meninggalkan tempat acara.